Photobucket

Selasa, 23 Maret 2010

Pengalaman Lomba Adiwiyata di SKODSA

Ini beberapa cerita tentang sekolah kami, beberapa waktu yg lalu. Di Lumajang, ada lomba yang namanya Lomba Adiwiyata, Lomba Adiwiyata adalah lomba dimana Kebersihan Lingkungan, dan juga Tanggung Jawab Murid akan kebersihan lingkungan sekolah di nilai oleh Para Juri.

Waktu kemaren itu, ada dua Juri, yang satu dari Lumajang, yang satunya langsung dari Jakarta, nah ini merupakan pengalaman pertama kami dalam menghadapi langsung Para Juri, "Jurinya pake jaket ijo" kata Pak Mahadi Sastra, guru Pembukuan sekaligus Wakil Kepala Sekolah di SMP Negeri 01 Sukodono. Akhirnya seluruh Kader di SMP Negeri 01 Sukodono siaga 1 di pos-nya masing2.

Owh iya, kalo belum ada yang mengerti arti Kader, nih aku jelasin. Kader itu beberapa kumpulan murid - murid yang tergabung dalam suatu kelompok yang merupakan kelompok kegiatan Non-Akademis di SMP kami, dan juga kelompok yang akan membantu Para Guru dalam sebuah Acara / Event2.

Nah, di sekolah kami ada beberapa Kader yg cukup responsif dan siap dalam pos-posnya, contohnya :

1.Kader Perpustakaan " Widya Pustaka" ( Pos.nya di Perpustakaan, dan saya merupakan salah satu anggota dari Kader Perpustakaan, hehehe...promosi dikit deh :D )i
2.Kader Perikanan ( Pos.nya di Kolam yang terletak di taman SMP kami....., dan di depan ruang UKS )
3. Kader Kebun ( Pos.nya pastinya berada di Kebun - kebun sekolah )

dan yg paling unik itu ada Kader Theater ( Pos.nya di Ruang Kesenian SMP Negeri 01 Sukodono, di atas..tingkat..pasti kelihatan kok :D ), nah, tugas kader ini adalah untuk menghibur para Guest / Tamu yg berkunjung ke Sekolah kami..dan para Tamu itu juga diberikan Souvenirs sebagai hadiah / cinderamata dari SMP Negeri 01 Sukdono.

Nahh, itu tu sedikit tentang Kader...sekarang, lanjut ke TKP...... :DD

Waktu menunjukkan pukul 10.15 pagi...para Kader kecapekan karena Tamu2 yg ditunggu belum juga dateng2..." Reks...ndi tamue???", tanya seluruh Kader dengan kader lainnya. Tiba - tiba, dari arah 9D, tampak seorang perempuan tinggi, dengan baju ala Jepang dikit, dengan bunga-bunga pink dan Sepatu Hak, dan dia memakai bedak yg keputihan, jadi agak serem....haha :D
seluruh Kader tampak bingung, tetapi ketika melihat beberapa Jurnalis, seperti Kalista, Syahroh, Prastian, Dimas, Della, dkk, seluruh Kader langsung bergegas bersiap kembali di Pos.nya.

Tak lama kemudian, seluruh tamu undangan mulai berdatangan ( wah, seperti Invasi saja.haha :D), ada yang mampir ke ruangan Radio ( Kader Radio ), kebun, Lab. Komputer, dan Home Industry ( Kader yg dibina oleh Bu. Endang ), dan yang tidak mampir2, mereka berbincang - bincang sambil tertawa kecil, " Oh my god......kayaknya Lomba kali ini bakal beda..", ucap ku dalam hati sambil berdiri di depan pintu Sekretariat OSIS dengan kader OSIS lainnya.

Dan waktu pun menunjukkan pukul 11.00, Target utama pun telah datang dan melakukan Survey di Sekolah kami ( maksudnya, 3 Juri Inti itu lho, hi hi hi :P ), satu demi satu Pos Kader di kunjungi, 3 juri tersebut terdiri dari 2 Laki dan 1 Perempuan...

Waktu giliran saya, ternyata Juri yang datang adalah Juri laki2, ternyata Juri itu lucu dan asyik lho......sambil membawa sebuah Map untuk penilaian, dia menanyakan seluruh komponen2 yg berada di dalam pos kami...dan setelah selesai, dia pun tertawa riang dan akhirnya melanjutkan survey.nya ke pos sebelah, yaitu Kader Radio.


3 Jam pun berlalu........
akhirnya seluruh Pos berhasil di Survey oleh Para Juri...dan akhirnya seluruh kader bernapas Legaaaaa..karena mereka bisa kembali beristirahat setelah menunggu lama Para Juri. Dan selanjutnya, Para Guru pun melakukan Meeting di Ruang Aula tentang hasil Survey tadi hingga bel berbunyi, dan seluruh murid SMP Negeri 1 Sukodono yang termasuk Kader ( karena yang selain kader sudah pulang ) diizinkan untuk pulang...




dan kami pun masih menunggu hasil pengumuman, semoga SMP Negeri 01 Sukodono berhasil meraih ADIWIYATA MANDIRI, amiiiiiiinnnn :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar